Bukan Kali Pertama, Jembatan Gantung Nusa Lembongan Ambruk

Peristiwa / Minggu, 16 Oktober 2016 22:35 WIB (MP/man)

Melihat Jembatan Gantung penghubung antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan Bali yang ambruk Minggu (16 Okt.) malam, penulis langsung ingat Jembatan Gantung di Muara Gembong. Dari bentuk, warna, bahan, tidak berbeda dari jembatan muara gembong yang pernah penulis singgahi beberapa waktu yang silam. 

Musibah yang terjadi dan penyebab robohnya jembatan gantung di Nusa Lembongan, masih dalam penyelidikan aparat terkait.

Patut menjadi catatan, bahwa Jembatan yang dibangun sejak tahun 1994 itu, juga pernah roboh pada Februari 2013. Saat itu diduga tiupan angin kencang menjadi penyebab robohnya Jembatan Kuning. Jadi musibah ini adalah bukan yang pertama kali.

Di jembatan kuning sepanjang 100 meter itu, para pejalan kaki selalu didahulukan. Sepeda motor jika ingin menyeberangi jembatan berusia 22 tahun itu, harus antri karena lebar jembatan tidak cukup dilalui oleh dua sepada motor yang datang dari arah yang berlawanan.

Jembatan lainnya yang serupa adalah jembatan gantung di Gianyar. Namun posisinya unik, yaitu masuk di dalam hutan dengan jurang di kedua sisi jembatan.

Jembatan gantung Nusa Lembongan sering digunakan banyak pasangan untuk berfoto, mengabadikan keberadaan mereka. Tak heran jika jembatan gantung yang sering dilalui perahu kecil tersebut sering disebut Jembatan Cinta. (dsyamil)

BACA JUGA 

  1. Djarot Saiful Hidayat Sambangi Lokasi Jembatan Ambruk
  2. Akhirnya Jokowi Perbaiki 10 Jembatan Gantung di Banten
  3. Nikmati Pemandangan Spektakuler dari Jembatan Gantung Merapi

 

 

(MP/man)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya