UN Hilang USBN Datang

Pendidikan / Kamis, 01 Desember 2016 20:25 WIB (MP/man)

MerahPutih Pendidikan - Dipastikan Ujian Nasional (UN) akan hilang. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai pengganti.

Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan hal ini saat menggelar rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Kamis (1/12).

Menurut Muhadjir, dalam masa transisi ini, pascamoratorium, pihaknya akan memfasilitasi proses penyelenggaraan USBN. USBN diselenggarakan Kemdikbud, pemerintah daerah, dan sekolah yang diawasi standarnya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan dewan pendidikan provinsi serta daerah.

USBN ini juga akan melibatkan banyak pihak seperti guru dan masyarakat. Juga akan memfasilitasi provinsi yang memerlukan instrumen seleksi siswa dari jenjang SMP ke SMA."

"Kami juga melakukan optimalisasi dan revisi anggaran 2017 untuk pembinaan sekolah dan pengembangan seleksi yang lebih komprehensif. Kami melakukan moratorium dengan berbagai alasan, salah satunya adalah kecurangan. "Karena cakupan UN yang luas, sulit memperoleh UN yang kredibel dan bebas dari kecurangan," katanya. (diy)

(MP/man)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya