Mendikbud: Ujian Nasional Tidak Mendorong Siswa Berpikir Kritis

Pendidikan / Jumat, 02 Desember 2016 07:28 WIB (MP/man)

MerahPutih Pendidikan - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menilai, penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) selama ini menjauhkan pendidikan dari proses belajar yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis. Dicontohkan Mendikbud, sebagai proses evaluasi yang bersifat massal, sampai saat ini bentuk soal-soal UN adalah dengan jawaban pilihan ganda.

"Hal ini kurang sesuai dengan upaya pemerintah untuk menghadirkan generasi yang memiliki keterampilan abad 21," ungkapnya dalam Rapat Kerja (raker) dengan Komisi X DPR RI, di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Untuk itu, Muhadjir berharap, sekolah-sekolah harus mendorong siswa mengekspresikan pikiran dan gagasannya, seperti penulisan esai.

Mendikbud melihat, karena terlalu fokus menghadapi UN ada kecenderungan sekolah untuk mengesampingkan atau mereduksi hakekat pendidikan, yaitu membangun karakter, perilaku dan kompetensi. Sekolah mengesanmpingkan mata pelajaran di luar mata pelajaran yang diujikan di UN.

"Sekolah cenderung hanya terfokus pada mata pelajaran yang diberikan pada UN, kurang memperhatikan mata pelajaran lainnya. Bahkan beberapa guru yang mengampu mata pelajaran bukan mata pelajaran UN merasa tidak diapresiasi baik oleh sekolah maupun peserta didik,"ujarnya sebagaimana dilansir Sekretariat Kabinet.

Saat ini, Kemendikbud sedang merencanakan melakukan moratorium pelaksanaan Ujian Nasional untuk nantinya akan diganti dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang penyelenggaraannya didesentralisasi ke daerah. (mw)

 

BACA JUGA:

1. Mendikbud: Ujian Nasional Akan Diganti Ujian Sekolah Berstandar Nasional

2. Benarkah Ujian Nasional Akan Dihapus Tahun 2017?

3. Indeks Integritas Ujian Nasional 2016 Meningkat, Tingkat Kelulusan Menurun

4. Semangat Ujian Nasional 2016

5. Beredar Meme Kocak Seputar Ujian Nasional 2016

(MP/man)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya

  • Mendikbud: Ujian Nasional Akan Diganti Ujian Sekolah Berstandar Nasional

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana menghentikan sementara (moratorium) pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk para siswa sekolah mulai 2017. Dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi X DPR, Kamis (1/12), Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan. sebagai ganti UN Kemdikbud mengusulkan penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)..

    Pendidikan / 02 Desember 2016 06:47 WIB
  • Benarkah Ujian Nasional Akan Dihapus Tahun 2017?

    Presiden Joko Widodo mengakui ada usulan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy untuk menghapus ujian nasional (UN) bagi para siswa sekolah di Tanah Air mulai tahun 2017. Presiden menyatakan, hal itu perlu pembahasan dalam rapat terbatas (ratas) kabinet. .

    Nasional / 26 November 2016 08:58 WIB
  • Indeks Integritas Ujian Nasional 2016 Meningkat, Tingkat Kelulusan Menurun

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbu) Anies Baswedan bangga dengan Indeks Integritas Ujian Nasional 2016 untuk SMA.

    Nasional / 09 Mei 2016 20:48 WIB
  • #SemangatUN2016 Jadi Trending Topic

    Siswa Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat tengah menjalankan Ujian Nasional (UN) hari pertama mereka pada Senin (8/5)..

    Nasional / 09 Mei 2016 11:40 WIB
  • Ngaku Anak Jenderal Siswi SMA Lawan Polwan

    seorang siswi di Medan, Sumatera Utara yang berhasil membuat heboh dengan pengakuannya sebagai anak dari Deputi Penindakan dan Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irigjen Arman Depari. Saat seorang Polwan memberhentikan mobil yang ditumpangi siswi tersebut bersama beberapa temannya..

    Berita Tekno / 07 April 2016 13:49 WIB