Mendikbud: Ujian Nasional Akan Diganti Ujian Sekolah Berstandar Nasional

Pendidikan / Jumat, 02 Desember 2016 06:56 WIB (MP/man)

MerahPutih Pendidikan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana menghentikan sementara (moratorium) pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk para siswa sekolah mulai 2017. Dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi X DPR, Kamis (1/12), Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan. sebagai ganti UN Kemdikbud mengusulkan penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

"Nantinya, kelulusan siswa akan ditentukan oleh tiap-tiap sekolah dengan standar nasional yang ditetapkan pemerintah pusat," ungkapnya

Dijelaskan Mendikbud, standar tersebut merupakan hasil kajian yang telah disesuaikan dengan hasil pemetaan berdasar UN selama ini. Moratorium UN, menurut Muhadjir, sebagai upaya membangun sebuah sistem dan instrumen sertifikasi capaian pembelajaran yang kredibel dan reliabel.

Menjawab pertanyaan tentang standar kualitas pendidikan, Mendikbud menegaskan, bahwa standar kualitas nasional tetap diterapkan, tetapi kewenangan penyelenggaraan didesentralisasi ke daerah-daerah.

Selama masa transisi menuju pelaksanaan USBN Kemendikbud akan melakukan sejumlah langkah. Pertama, melakukan penyesuaian kebijakan terkait regulasi penyelenggaraan evaluasi pendidikan yang termuat dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 13 tahun 2015, dan peraturan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pada PP nomor 17 tahun 2010.

Ke dua, memfasilitasi daerah-daerah provinsi yang memerlukan instrumen seleksi siswa dari jenjang sekolah menengah pertama (SMP) ke sekolah menengah atas (SMA).

Berikutnya, memfasilitasi proses penyelenggaraan ujian sekolah, berstandar nasional termasuk pemetaan siswa dan pendidikan nonformal. (mw)

BACA JUGA: 

1. Pendidikan Model Tempayan Ala Mendikbud

2. Benarkah Ujian Nasional Akan Dihapus Tahun 2017?

3. Semangat Ujian Nasional 2016

4. Euforia Kelulusan Ujian Nasional

(MP/man)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya

  • Mendikbud: Ujian Nasional Tidak Mendorong Siswa Berpikir Kritis

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menilai, penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) selama ini menjauhkan pendidikan dari proses belajar yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis. .

    Pendidikan / 02 Desember 2016 10:00 WIB
  • UN Hilang USBN Datang

    USBN ini juga akan melibatkan banyak pihak seperti guru dan masyarakat..

    Pendidikan / 02 Desember 2016 02:00 WIB
  • Benarkah Ujian Nasional Akan Dihapus Tahun 2017?

    Presiden Joko Widodo mengakui ada usulan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy untuk menghapus ujian nasional (UN) bagi para siswa sekolah di Tanah Air mulai tahun 2017. Presiden menyatakan, hal itu perlu pembahasan dalam rapat terbatas (ratas) kabinet. .

    Nasional / 26 November 2016 08:58 WIB
  • Yuk, Kita Simak Lirik Lagu "Indonesia Raya" Tiga Stanza

    Selama ini, kebanyakan dari kita hanya mengenal hanya stanza 1 dari Ïndonesia Raya", karena itu yang biasa dinyanyikan di sekolah-sekolah dan pada saat upacara di berbagai tempat. Padahal stanza ke-2 dan ke-3 lagu kebangsaan kita ini memiliki muatan pesan yang tak kalah bagusnya dari stanza 1..

    Budaya / 03 November 2016 09:47 WIB
  • Mendikbud: Pupuk Ingatan Sejarah dan Rasa Kebangsaan Melalui Musik

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan perlunya lagu-lagu nasional bertema kebangsaan kembali diajarkan di sekolah-sekolah dan dinyanyikan pada awal dan akhir kegiatan belajar. Mendikbud berpendapat, ingatan sejarah dan rasa kebangsaan bisa dipupuk melalui musik. "Banyak lagu-lagu nasional yang menyentuh relung nurani dan menggugah kesadaran berbangsa kita," ujarnya pada acara "Merayakan Indonesia Raya, 88 Tahun Lagu Kebangsaan" di Jakarta, Minggu (30/10). .

    Budaya / 01 November 2016 09:32 WIB