Rail Clinic, Rumah Sakit Kereta Api untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Nasional / Rabu, 19 Oktober 2016 13:14 WIB (MP/ana)

MerahPutih Nasional - Kereta apa kini sudah bukan soal mengantar penumpang sampai tujuan saja, tapi juga melayani kesehatan masyarakat dengan sepenuh hati. PT. Kereta Api Indonesia (KAI) telah meluncurkan Kereta Kesehatan atau biasa disebut dengan Rail Clinic.

Rail Clinic muncul atas dasar kesadaran PT.KAI akan kondisi demografis Indonesia dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat desa yang masih sangat minim.

"Kereta api ini bukan kereta api penumpang tapi kereta api kesehatan atau Rail Clinic, untuk melayani kesehatan masyarakat," kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko seperti yang dikutip dari situs resmi PT.KAI.

Dalam gerbong Rail Clinic akan ditemui berbagai peralatan medis seperti layaknya ruang di RS ada alat rekam jantung, infus, alat kejut jantung, dan tempat tidur ala rumah sakit. Rail Clinic melayani berbagai jasa kesehatan bagi masyarakat mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau CPR hingga proses pembedahan dan ruang bersalin.
PT. KAI terus bersinergi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Kereta ini, mulai dari memperkerjakan tenaga medis profesional, peralatan yang memadai dan sarana kesehatan lainnya.

Rail Clinic telah beroperasi di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Yogyakarta, Bandung, Gersik, dan wilayah lainnya yang dilintasi jalur Rail Clinic. Rencananya PT.KAI akan mengoperasikan empat Rail Clinic, dua di Pulau Jawa dan dua di Pulau Sumatra.

Dengan adanya layanan ini, masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan yang dilalu jalur kereta api bisa m‎endapatkan fasilitas kesehatan yang lebih baik. 

BACA JUGA:

  1. Sambut Korban Hercules A 1310 Lanud Halim Siapkan Ambulans
  2. Halangi Jalan Ambulans, Sopir Gila Ini Gegerkan Singapura
  3. Layanan Ambulans Gratis, dari Masjid Sampai Partai Politik

 

(MP/ana)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya