Kondisi Natuna Rawan, TNI Kerahkan 4 Armadanya

Nasional / Selasa, 18 Oktober 2016 16:03 WIB (MP/man)

Inilah Merah Putih.

Perairan Indonesia terutama di kawasan Perairan Natuna merupakan wilayah yang amat rawan.

Rawan dari kegiatan illegal termasuk kapal-kapal tak berizin yang seringkali mencuri ikan atau kapal yang dicurigai membawa barang selundupan.

Untuk itulah Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menempatkan kapal patroli hingga empat unit untuk memantau perairan yang rawan pelanggaran laut tersebut.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia mengatakan perbandingannya yang jelas di daerah aman itu satu kapal, tapi di daerah rawan bisa empat atau tiga kapal. Jika eskalasinya meningkat TNI AL bisa menambah armada sampai enam kapal.

Perairan Natuna merupakan kawasan strategis karena berbatasan langsung dengan Malaysia, Vietnam dan Kamboja. Tapi bukan tiga negara itu yang menjadi masalah.

Yang berpotensi menjadi biang keributan adalah pendatang baru China. Tak jauh dari kepulauan Natuna, pemerintah Republik Rakyat Tiongkok telah membuat pulau-pulau kecil yang dijadikan pangkalan militer.

Surat kabar The New York Times mengungkapkan China telah membangun 7 pulau kecil di kawasan itu yang memicu ketegangan geopolitik.
Tidak heran di perairan yang rawan pelanggaran, Pangarmabar mewaspadai segala kemungkinan.

Dalam menjalankan tugasnya, Koarmabar memiliki strategi untuk menjaga keamanan wilayah laut, antara lain dengan memerhatikan eskalasi di mana wilayah yang menjadi potensial terhadap ancaman.

Kemudian, dalam menanggulangi kekurangan armada, pihaknya berkolaborasi dengan sejumlah instansi, seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Keamanan Laut, Bea Cukai dan Polisi Perairan.

BACA JUGA

  1. Presiden Duterte Izinkan TNI Kejar Kapal Bajak Laut di Perairan Filipina
  2. TB Hasanuddin: Pemangkasan Anggaran Kemhan dan TNI Pengaruhi Kesiapan Tempur
  3. TNI dan Pemkab Tangerang Keruk Anak Sungai Cimanceuri

 

 

(MP/man)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya