Berantas Pungli, Ini yang Dilakukan Asman Abnur

Nasional / Selasa, 18 Oktober 2016 14:08 WIB (MP/ana)

MerahPutih Nasional - Presiden RI Joko Widodo meminta kepada semua jajarannya untuk melakukan pemberantasan pungutan liar (pungli) di lingkungan instansi pemerintah. Salah satu yang membuat respon atas instruksi tersebut adalah Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Kepada awak media Menteri PAN-RB, Asman Abnur mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala LPNK, Pimpinan Kesekretariatan Negara, Pimpinan Kesekretariatan LNS, Gubernur, Bupati dan Walikota.

"Tindakan ini dalam rangka pemberantasan pungli. Meskipun ini (pungli) tidak mengurangi pungutan yang besar (korupsi), tapi yang kecil ini sangat menjengkelkan dan meresahkan," ucapnya di Gedung KemenPAN-RB, Jakarta Selatan, Selasa (18/10).

Dalam surat edaran tersebut, Asman meminta untuk mengidentifikasi area yang berpotensi terjadi pungutan liar. Pria yang pernah menjadi Anggota DPR RI Fraksi PAN ini juga berjanji untuk menindak tegas bila ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat pungli.

"Kami akan melakukan investigasi lebih dalam untuk menjaring keterlibatan oknum-oknum lain," kata Asman. (Yni)

BACA JUGA

  1. Awas, Pungli Rp 10 Ribu Pun Bisa Berurusan dengan Presiden
  2. Melintas Pasar Anyar Kota Tangerang Wajib Bayar Retribusi, Pungli?
  3. Mendagri: Laporkan Jika Ada Pungli saat Perekaman E-KTP
  4. Organda Pastikan Dukung Pemberantasan Pungli
  5. Polresta Tangerang Tingkatkan Pengawasan Layanan Publik Guna Cegah Pungli
(MP/ana)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya