Pilgub Banten 2017 Rawan Politik Uang

Nasional / Senin, 17 Oktober 2016 17:59 WIB (MP/bro)

Kesadaran dan kepedulian masyarakat sipil jelang Pilgub Banten 2017 harus ditingkatkan. Hajat demokrasi terbesar di Provinsi Banten tersebut memiliki potensi besar terjadinya politik uang (money politic).

“Kami melihat di Pilgub Banten nanti akan ada banyak uang yang beredar demi mendapatkan suara,” ungkap Koordinator Indonesia Curruption Watch (ICW) Ade Irawan kepada merahputih.com, Minggu (15/10).

Ade menjelaskan, merujuk hasil pantauan ICW pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Walikota Tangsel, Provinsi Banten menjadi daerah yang cukup rawan terjadinya politik uang. Bahkan, pada Pilkada Banten 2011 lalu, politik uang berlangsung secara "brutal."

“Hampir semua tim pemenangan melakukan praktik tersebut. Bedanya hanya dalam besaran uang dan jenis barang yang diberikan kepada para pemilih,” ungkapnya.

Menurut Ade, politik uang di Banten ini tidak hanya politik uang kepada pemilih tetapi juga kepada penyelenggara. “Kemungkinan akan selalu ada, dan ini yang harus diwaspadai. Makanya penting adanya pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat,” tandasnya. (Wid)

BACA JUGA:

  1. PDIP Banten Ancam Pecat Kadernya yang Mbalelo di Pilgub 2017
  2. Sukira Sebut 'Si Doel' Dongkrak Popularitas Rano di Pilgub Banten
  3. Partisipasi Pemilih Kota Tangerang di Pilgub Banten Turun
  4. Ini Dia Senjata Tiga Paslon Pilgub DKI Jakarta Tarik Simpati Warga
  5. INSIDER Siap Menangkan Pasangan Anies-Sandi di Pilgub DKI 2017
(MP/bro)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya