Layanan Darurat 112 Hadir di Kota Tangerang dan Tiga Kota Jabar

Megapolitan / Kamis, 01 Desember 2016 22:41 WIB (MP/man)

MerahPutih Megapolitan - Per tanggal 1 Desember 2016, Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 (NTPD 112) resmi berjalan (go live) di Kota Tangerang. Selain di Kota Tangerang, NTPD juga go live di tiga kota di wilayah provinsi Jawa Barat, yaitu Kota Depok, Bogor dan Bandung.

Peresmian layanan NTPD 112 ini dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara bersama dengan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Live Room, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (01/12).

Menkominfo Rudiantara mengatakan, dengan berjalannya layanan NTPD 112, masyarakat dapat melaporkan keadaan gawat darurat ke pemerintah daerah melalui telepon rumah maupun telepon seluler. Ia juga mengungkapkan, nomor 112 ditetapkan sebagai nomor tunggal panggilan darurat agar dapat mempermudah masyarakat dalam mengingat dan menghubungi layanan darurat.

“Saya melihat Tangerang ini punya aplikasi yang sangat cukup lengkap. Dan, saya rasa Kota Tangerang bisa menjadi yang terdepan dalam penerapan aplikasi kegawatdaruratan,” ujar Rudiantara.


Peresmian nomor panggilan darurat 122. (Foto: MerahPutih/Widi Hatmoko)

Rudiantara juga berharap, pilot project ini dapat meningkatkan semangat pemerintah daerah dalam melayani masyarakat terutama dalam hal kegawatdaruratan.

Menyinggung tentang pengembangan Smart City yang saat ini sedang tren di berbagai wilayah di Indonesia, pihaknya menyampaikan bahwa untuk menjadikan suatu wilayah menjadi Smart City ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya, adanya ketersediaan infrastruktur dan ruang fiskal yang dimiliki oleh pemerintah daerah (kemampuan keuangan daerah).

“Saya berharap kalau nanti Kementrian Kominfo membuat suatu kriteria tentang Smart City, saya berharap yang menjadi contoh ke depan adalah Kota Tangerang,” katanya. (Wid)

BACA JUGA:

  1. Novotel, Hotel Bintang 4 Bertaraf Internasional Pertama di Tangerang
  2. Perkembangan Pembangunan Stasiun Kereta Bandara Soetta Tangerang
  3. Rakyat Tangerang Raya Gelar Apel Nusantara Bersatu
  4. Jalan Desa di Cikupa Tangerang Tergenang Air Danau Buatan
  5. Pengunjung Perpusda Kabupaten Tangerang Meningkat Drastis
(MP/man)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya