Jamin Keamanan Investasi, BKPM Gandeng Polri

Keuangan / Rabu, 30 November 2016 20:44 WIB (MP/bro)

MerahPutih Keuangan - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyelenggarakan acara investor forum dalam rangka “Sosialisasi Pedoman Kerja BKPM-Polri tentang Jaminan Keamanan Berinvestasi di Indonesia”.

Dalam acara ini, para pemangku kepentingan yang terkait dengan jaminan keamanan kegiatan investasi menyebarluaskan informasi atas pedoman kerja antara BKPM dengan Polri yang ditandatangani tanggal 19 September 2016 di Jakarta. Pedoman kerja ini berisi tentang Koordinasi Perlindungan dan Keamanan Bagi Dunia Usaha untuk Mendukung Kegiatan Investasi di Indonesia.

Deputi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis mengatakan, pedoman kerja ini ditujukan untuk kedua instansi agar saling membantu guna menggairahkan iklim investasi di Indonesia. Selain itu, juga merupakan tindak lanjut atas penandatanganan nota kesepahaman antara BKPM dengan Polri pada tanggal 22 Februari 2016 di Istana Negara.

"Melalui kerja sama ini, BKPM, Polri, Pemprov Sumatera Selatan dan Polda Sumatera Selatan dapat mengidentifikasi permasalahan dan kendala gangguan keamanan yang dihadapi investor serta saling bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan tersebut," kata Azhar Lubis pada siaran pers yang diterima merahputih.com, Rabu (30/11).

Azhar menambahkan, para investor sejak mendapatkan izin prinsip penanaman modal, baik PMA maupun PMDN, akan dijamin keamanannya dalam merealisasikan proyeknya. BKPM, Polri, Pemprov dan Polda Sumatera Selatan selaku instansi yang bertanggung jawab dalam realisasi proyek dan keamanan akan saling melakukan koordinasi dan bekerja sama untuk mencari solusi atas permasalahan gangguan keamanan.

"Jika jaminan keamanan dapat diwujudkan, maka implikasi positif adalah percepatan dan peningkatan realisasi proyek investasi dapat segera terwujud," tuturnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Program Rumah Rakyat AHY Butuh Dana Investasi Rp300 Triliun
  2. Leonardo DiCaprio Investasi di Uber Sampah
  3. Di Brazil, Investasi Apple Ternyata Tidak Mengangkat Kesejahteraan
  4. Gelaran Indo Defence Expo & Forum 2016 Bisa Tarik Investor
  5. Penyanyi Religi Sulis, Jadi Korban Penipuan Berkedok Investasi
(MP/bro)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya